|

Sosialisasi Sistem Pendukung PBJ (SPSE, E-Katalog, SIULP) - Bali

Sosialisasi Sistem Pendukung PBJ (SPSE, E-Katalog, SIULP) - Bali

Sosialisasi Sistem Pendukung Pengadaan Barang/Jasa (SPSE, E-Katalog, SIULP) dilaksanakan di Bali, pada hari Rabu tanggal 1 Maret 2017 sampai dengan hari Kamis tanggal 2 Maret 2017. Peserta yang diundang adalah Pokja dan Pejabat Pengadaan yang ada di Satker-Satker Kementerian PUPR di wilayah Indonesia bagian tengah. Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Biro PBMN dan Layanan Pengadaan dan menyampaikan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman penggunaan aplikasi pendukung dalam pengadaan barang/jasa pemerintah antara lain SPSE 3.6, SPSE 4.0, E-katalog, E-pruchasing, Sistem Informasi ULP (SIULP) dan Sistem Informasi Pendukung SPSE (SIPS).

Pembekalan yang diberikan dalam acara sosialisasi yaitu yang pertama pemaparan tentang Evaluasi Implementasi eProcurement TA. 2017 Kementerian PUPR dari Pusat Data dan Teknologi Informasi, yaitu seputar permasalahan dan solusi dalam penggunaan SPSE. Kemudian materi kebijakan eProcurement Nasional dalam Rangka Pengelolaan SPSE 4.0 dan SIKAP oleh Direktur Pengembangan SPSE LKPP. Dalam paparan selain disampaikan mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur pengadaan barang/jasa secara elektronik, disampaikan pula mengenai perbedaan antara SPSE versi 3.6 dengan SPSE versi 4.1 serta fungsi dan alur proses penyedia dalam aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKAP).

Selanjutnya disampaikan pemaparan materi kebijakan dan prosedur E-Katalog oleh Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP. Dalam paparannya, disampaikan mengenai arah pengembangan E-Katalog, syarat-syarat penyedia E-Katalog, alur proses pembentukan E-Katalog dan dokumen usulan barang/jasa untuk diproses ke dalam E-Katalog. Selain itu disampaikan pula mengenai kriteria barang/jasa dalam pembentukan katalog nasional, katalog sektoral dan katalog daerah.

Acara kemudian dibagi menjadi dua kelas, yaitu yang pertama kelas Pokja dimana dilakukan pelatihan penggunaan SPSE versi 4.1 oleh LKPP dan kemudian dilanjutkan pelatihan penggunaan SPSE versi 3.6 oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi. Sedangkan kelas kedua yaitu kelas Pejabat Pengadaan, dilakukan pelatihan penggunaan e-purchasing dan e-katalog oleh LKPP dan diakhiri dengan pelatihan SIPS oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi.

Berita Terkait :

© Copyright 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd