|

Jakarta Forum I - Program Modernisasi Pengadaan

Jakarta Forum I - Program Modernisasi Pengadaan

Jakarta Forum I dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 9 Maret 2017, yang merupakan sebuah forum hasil kerjasama antara Millennium Challenge Account - Indonesia (MCA-I) dengan LKPP dan sebagai penyelenggara yaitu Kementerian Keuangan. Forum dihadiri oleh LKPP sebagai pembina pengadaan barang/jasa, Kementerian PAN RB, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Institut Teknologi Bandung dan Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta.

Tujuan diadakannya Jakarta Forum yaitu untuk membahas konsep fungsi pengadaan terintegrasi dan proses pembentukan kelembagaan pengadaan yang terintegrasi, strategis dan permanen. Selain tu Jakarta Forum bertujuan sebagai forum finalisasi rencana aksi dan target implementasi program modernisasi pengadaan di masing-masing ULP Percontohan hingga tahun 2018 termasuk ULP Kementerian PUPR.

Materi pertama disampaikan oleh Direktur Pengembangan Profesi LKPP yang memberikan paparan mengenai konsep reformasi kelembagaan ULP sebagai center of exellence PBJ Pemerintah. Kemudian materi selanjutnya tentang strategi mengimplementasikan end-to-end process procurement yang disampaikan oleh MCA-Indonesia, dimana dalam paparan disampaikan gambaran end-to-end proses dalam fungsi pengadaan dan kemudian bagaimana memulai pergeseran peran Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) sebagai center of excellence (CoE). Materi berikutnya disampaikan oleh Kementerian PAN RB mengenai kebijakan dalam pembentukan kelembagaan dan organisasi, disampaikan bahwa perlu kehati-hatian dalam menyusun struktur organisasi serta perlu diperhatikan mandat, karakteristik organisasi, analisis beban kerja, daily activities, output, outcome, benchmarking serta dampak kepada masyarakat dalam pembentukan organisasi baru.

Selain materi-materi tersebut, dalam forum Kepala BPPBJ DKI Jakarta menyampaikan manfaat riil lembaga pengadaan terinterigrasi, mandiri dan permanen dalam proses pengadaan di DKI Jakarta, kemudian disampaikan proses transformasi lembaga/organisasi pengadaan di DKI dalam menuju hal tersebut. Pada kesempatan sesi selanjutnya, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan menyampaikan progres peluang dan tantangan yang dihadapi dalam penyusunan/pembentukan kelembagaan layanan pengadaan terintegrasi, mandiri dan permanen.

Sesi terakhir yaitu presentasi profil pengadaan, action plan, status pencapaian dan strategi implementasi masing-masing ULP Kementerian/Lembaga, serta panelis dapat memberikan pertanyaan ataupun tanggapan pada saat presentasi tersebut. Pada akhir acara pada forum disepakati bahwa penyelelnggara Jakarta Forum selanjutnya yaitu Kementerian PUPR pada Bulan Mei 2017.

Berita Terkait :

© Copyright 2016, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd