|

Sosialisasi Pengembangan Sistem Informasi ULP (SIULP)

Sosialisasi Pengembangan Sistem Informasi ULP (SIULP)

Jakarta, 30 Maret 2017 telah dilaksanakan acara Sosialisasi Pengembangan Sistem Informasi Unit Layanan Pengadaan (SIULP) yang dihadiri oleh seluruh Admin SIULP di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Acara sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari yaitu sampai dengan hari Jumat tanggal 31 Maret 2017. Pada pembukaan kegiaatan sosialisasi oleh Kepala Bagian Layanan disampaikan bahwa SIULP merupakan bahan informasi utama lelang dini 2017 untuk pelaporan kepada pimpinan. Dalam sesi pemberian materi juga akan disampaikan kendala dalam penerapan SIULP. Kepala Bagian Layanan Pengadaan juga menyampaikan update terakhir soal perkembangan pembentukan organisasi pengadaan barang jasa Kementerian PUPR yang permanen dan mandiri. Harapannya bahwa dalam diskusi agar disampaikan permasalah-permasalahan yang dihadapi para Admin ULP di daerah untuk bisa ditemukan solusinya dan pengembangan sistem kedepan.

Materi hari pertama tentang evauasi, pengembangan, dan diskusi portal web serta SIULP yang disampaikan oleh Kepala Bagian Layanan Pengadaan. Pada awal sesi materi diberikan kesempatan kepada seluruh Admin ULP untuk memperkenalkan diri masing-masing dalam rangka memperkuat kominitas sesama Admin ULP dan mempermudah komunikasi. Disampaikan bahwa saat ini di dalam SIULP telah disediakan menu tambahan agar Kepala ULP dapat melihat progres lelang Pokja yang telah ditugaskan oleh ULP. Kemudian disampaikan evaluasi kelebihan dan kekurangan pengaplikasian SIULP selama ini untuk pengembangan kedepan. Untuk ULP-ULP agar menyampaikan hasil kegiatan/rapat/sosialisasi yang telah dilaksanakan ke Bagian Layanan Pengadaan untuk dibuatkan beritanya di Portal Web ULP. DIsampaikan pula bahwa akan dibuatkan Kepmen ULP yang baru, dimana akan ditambahkan beberapa point salah satunya yaitu tentang kewajiban ULP untuk menyiapkan sarana prasarana, SDM dan lain-lain sebagai embrio terbentuknya Balai Pengadaan Barang Jasa di seluruh Provinsi.

Materi kedua disampaikan oleh narasumber dari Pusat Data dan Informasi yaitu praktek melakukan verifikasi paket-paket yang sudah terdaftar kedalam SIULP dengan paket-paket yang sudah diumumkan lelang di dalam SPSE. Verifikasi ini sangat penting dilakukan untuk tertib administrasi pelelangan yang telah dilakukan oleh Pokja. Verifikasi dilakukan sampai malam hari karena terdapat beberapa peket yang berbeda namanya antara SIULP dan SPSE, serta adanya beberapa paket yang sudah dilelangkan di SPSE namun belum terdaftar di dalam SIULP. Pada hari kedua, dilanjutkan verifikasi paket dan kemudian Admin ULP diminta membuatkan kode akses untuk Kepala ULP dapat login ke dalam SIULP dalam hal melihat progres lelang. Acara kemudian ditutup oleh Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan berharap hasil kegiatan sosialisasi dapat bermanfaat bagi seluruh Admin ULP di lingkungan Kementerian PUPR serta dapat menyampaikannya kepada Kepala ULP masing-masing.

Berita Terkait :

© Copyright 2017, Biro PBMN dan Layanan Pengadaan, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd