|

Coaching Klinik Kementerian PUPR dalam Rapat Koordinasi ULP yang diselenggarakan LKPP

 Coaching Klinik Kementerian PUPR dalam Rapat Koordinasi ULP yang diselenggarakan LKPP

Kamis, 13 Juli 2017, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Rapat Koordinasi Unit Layanan Pengadaan (Rakor ULP) yang diikuti oleh perwakilan pejabat pengadaan dari  kementerian dan lembaga di Surabaya. LKPP menerima sekitar 271 peserta dari 83 ULP kementerian dan lembaga dimana salah satunya Kementerian PUPR. Rapat Koordinasi ULP memiliki tema "ULP Permanen Struktural sebagai Pusat Keunggulan (Centre of Excellent) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah". Rapat Koordinasi dibagi dalam 3 sesi yaitu sesi pertama yaitu berupa pemaparan dan diskusi oleh narasumber tentang konsep kelembagaan PBJ yang permanen struktural, Best Practice bentuk kelembagaan UKPBJ serta arah dan kebijakan kelembagaan ULP di Kementerian/Lembaga.

Kemudian selanjutnya pada sesi 2 dilakukan sharing session penggunaan instrumen pengembangan kelembagaan ULP sebagai pusat keunggulan (Centre of Excellent) PBJ pemerintah oleh ULP Percontohan serta materi konsep instrumen pengembangan kelembagaan ULP sebagai CoE yang dikembangkan oleh LKPP dan MCA Indonesia.

Pada sesi 3 diadakan coaching klinik bagi ULP yang ingin mengembangkan organisasinya menjadi Centre of Excellent (CoE). Kementerian PUPR sebagai ULP Percontohan diberikan tugas pula sebagai mentor dalam coaching klinik, dimana ULP yang mendaftar dalam coaching klinik Kementerian PUPR antara lain Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman serta Kejaksaan Agung. Untuk melanjutkan mentoring diperlukan adanya Nota Kesepakatan (MoU) antar Kementerian/Lembaga dan sampai dengan saat ini yang akan menindaklanjuti untuk mentoring dengan Kementerian PUPR adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Berita Terkait :

© Copyright 2017, Biro PBMN dan Layanan Pengadaan, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd