|

Simposium Modernisasi Pengadaan yang diselenggarakan LKPP difokuskan pada Integrasi Sistem Pengadaan

Simposium Modernisasi Pengadaan yang diselenggarakan LKPP difokuskan pada Integrasi Sistem Pengadaan

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Simposium Modernisasi Sistem Pengadaan Indonesia dengan bekerjasama dengan Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI) dan Pemerintah daerah Yogyakarta yang dilaksanakan di Yogyakarta, Pada 25 – 26 Juli 2017 lalu dengan tema “Mantapkan Peran Integrasi Sistem Pengadaan yang Transparan dan Akuntabel dalam Rangka Modernisasi Pengadaan untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas.” Yang diundang dalam Simposium adalaha seluruh LPSE dan ULP Percontohan dalam pembinaan LKPP dan MCAI. Dalam sambutannya, Kepala LKPP mengatakan dengan tema tersebut akan memantapkan semangat untuk membangun pengadaan yang akuntabel dan transparan. "Ada kata Mantapkan, artinya kita sudah berjalan, namun harus kita perkuat lagi. Integrasi sistem dan perbaikan ekosistem pengadaan akan berujung pada percepatan proses pengadaan, mekanisme pengadaan yang mudah namun tetap akuntabel dan transparan".

Kementerian PUPR yang diwakilkan oleh Biro PBMN dan Layanan Pengadaan sebagai ULP Percontohan Program Modernisasi Pengadaan binaan LKPP dan MCA-Indonesia ikut menghadiri Simposium. Pada hari pertama Simposium diisi dengan diskusi panel tentang Ekspose Peran Modernisasi Sistem Pengadaan dengan narasumber dari Kemenko Perekonomian, dan kemudian diskusi panel selanjutnya tentang Ecommerce di Pengadaan Pemerintah (Dulu, Kini dan Nanti) dengan narasumber dari IDEA serta perwakilan dari Ecommerce.

Pada hari kedua kegiatan Simposium dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama berfokus pada pengembangan sistem, dimana materi yang disampaikan berfokus kepada para peserta dari LPSE. Salah satu narasumber yang diundang adalah Onno Purbo sebagai pakar dibidang IT Indonesia, serta beberapa praktisi IT. Sementara pada kelas kedua berfokus pada pengembangan kelembagaan, dan materi yang diberikan berfokus kepada para peserta dari ULP, khususnya ULP-ULP Percontohan yang berada dalam binaan MCA-Indonesia dan LKPP dengan salah satu narasumbernya adalah Kepala BBPBJ DKI Jakarta, Blessmiyanda serta dari MCA-Indonesia.

Berita Terkait :

© Copyright 2017, Biro PBMN dan Layanan Pengadaan, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat All Right Reserverd