Penambahan Penjelasan pada Dokumen Lelang

Description of your first forum.

Penambahan Penjelasan pada Dokumen Lelang

Postoleh MARWAN » Min Sep 18, 2016 2:10 pm

Dalam pelaksanaan pelelangan pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya pekerjaan kontruksi (Pekerjaan Bina Marga) dimana terdapat Peserta Lelang yang menawarkan peralatan 100% sewa (peralatan semuanya sewa jangka panjang), namun dalam Surat Perjanjian Sewa masih terdapat kalimat antara lain "Surat Perjanjian Sewa Peralatan tersebut berlaku apabila Peserta Lelang "Penyewa" memenangkan pelelangan suatu pekerjaan yang ujung-ujungnya hanya untuk persyaratan pelelangan dan peralatan tersebut tidak dimobilisasi pada saat pelaksanaan kontrak, pertanyaan yang muncul :
1. Apakah Surat Perjanjian Sewa Peralatan tersebut dapat dinyatakan memenuhi kaidah Sewa Menyewa.
2. Bagaimana sebaiknya langkah Pokja dalam menyikapi permasalahan tersebut.
3. Apakah penjelasan tentang pengertian kepemilikan peralatan "Milik, Sewa Beli dan Sewa" dapat ditambahkan dalam dokumen pengadaan :
a. Milik : Peralatan yang ditawarkan dalam penguasaan/kendali Peserta Lelang (tidak sedang/akan disewakan) atau tidak sedang dipakai untuk pelaksanaan/ penyelesaian suatu pekerjaan, kecuali untuk peralatan AMP dan Stone Crusher akan dilakukan perhitungan kapasitas produksi (apabila jarang antara beberapa paket yang ditawar memenuhi syarat)
b. Sewa Beli : Peralatan yang ditawarkan dalam penguasaan/kendali Peserta Lelang dibuktikan dengan Surat Perjanjian Sewa Beli dan dengan bukti-bukti otentik.
c. Sewa/Kontrak : Peralatan yang ditawarkan dalam penguasaan/kendali Peserta Lelang disertai Surat Perjanjian Sewa/Kontrak dalam jangka waktu tertentu minimal berlaku sebelum pemasukan dokumen penawaran sampai dengan batas akhir masa pelaksanaan, dibuktikan dengan Bukti kepemilikan sendiri dari pemilik alat (pemberi sewa).


Mohon penjelasan atas kasus tersebut diatas, karena permasalahan seperti ini menjadi salah satu penyebab keterlambatan pelaksanaan pekerjaan dan pekerjaan putus kontrak.
MARWAN
 
Post: 1
Bergabung: Sel Sep 13, 2016 4:25 pm

Re: Penambahan Penjelasan pada Dokumen Lelang

Postoleh layananpengadaan » Rab Okt 05, 2016 4:24 pm

Terimakasih pak atas bahan diskusinya.
Permasalahan ini sedang kami bahas dengan Ditjen Bina Konstruksi, untuk hasilnya akan kami informasikan secepatnya.
terimakasih
layananpengadaan
Site Admin
 
Post: 4
Bergabung: Rab Agt 31, 2016 1:04 pm


Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu

cron