Uni Eropa Kepincut Sistem ULP Provinsi Jabar

Description of your first forum.

Uni Eropa Kepincut Sistem ULP Provinsi Jabar

Postoleh Aeni » Kam Okt 20, 2016 1:38 pm

negara Uni Eropa memuji sistem Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang dikembangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Mereka menilai sistem yang dikembangkan tersebut sudah sangat maju dan baik.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend, berharap Pemprov Jabar terus memperbaiki ULP agar semakin akuntabel dan transparan. Menurut dia, sebanyak 23 negara Uni Eropa siap memberi dukungan terhadap upaya peningkatan efisiensi, transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik di Provinsi Jawa Barat.

"Itu dilakukan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang berwibawa dan akuntabel," tuturnya saat berkunjung ke Gedung Sate, Kota Bandung.

Dia menyatakan, untuk meningkatkan ULP, peran serta LSM dan media sangat penting agar pengadaan barang/jasa dapat dipantau. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tindak pidana korupsi.

"Proyek kerjasama kami telah memberikan kontribusi dalam menyempurnakan proses pengadaan barang/jasa sehingga akan membawa manfaat jangka panjang," ucap dia.

Uni Eropa memilih kerjasama dengan Pemprov Jabar karena penduduk dan luas wilayahnya sangat besar. Sehingga bentuk layanan duan masyarakat sangat penting bagi peningkatan pembangunan di Provinsi Jawa Barat.

"Uni Eropa memilih kerjasama penguatan sistem lelang dengan Pemprov Jabar karena anggaran yang dialokasikan untuk kepentingan publik oleh pemerintah provinsi sangat besar," ucapnya.

Guerend berharap dengan kerjasama ini maka proses lelang juga timbal balik informasi dari masyarakat bisa dilayani sama baiknya. Dia pun berharap sistem ULP kedepan semakin transparan. "Kita berharap kedepan semakin transparan," tutupnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa menyatakan akan menindaklanjuti kerjasama antara Jabar dengan Uni Eropa. Dia akan mengoptimalkan sarana dan prasana yang bisa menampung seluruh pengaduan masyarakat.

"Masyarakat yang mendapatkan pelayanan kurang optimal saat melakukan pengadaan barang Lemari Es Murah dan jasa atau perizinan harus kita perhatikan," kata dia.

Sarana dan prasarana tersebut menjadi tempat masyarakat mengadu tentang pelayanan Pemprov Jabar. "Itu sudah ditempatkan di BPMPT karena pelayanan kami sudah satu pintu di sana,” katanya.

Layanan tersebut kedepannya akan disempurnakan oleh Pemprov Jawa Barat dibantu oleh LSM B_Trust supaya bisa lebih cepat dalam merespon segala macam keluhan yang disampaikan oleh masyarakat.

Uni Eropa melalui lembaga nirlaba B_Trust sangat membantu Pemprov Jawa Barat dalam hal sistem dan standar operasional prosedur termasuk pelatihan bagi PNS yang melakukan pengadaan barang dan jasa.

"Karena dibina oleh B_Trust Pemprov Jabar berhasil meraih opini WTP (wajar tanpa pengecualian) sebanyak 4 kali, kedua lakip (laporan kinerja akuntabilitas pemerintah) kita mendapatkan penilaian signifikan, naik 6 poin, jadi A-. Kita menjadi slah satu provinsi A-4 atau ranking ke 4 di Indonesia," tutup Iwa.
Aeni
 
Post: 1
Bergabung: Kam Okt 20, 2016 2:05 am

Kembali ke Umum

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu

cron